LAPORAN AKHIR MODUL 1 PERCOBAAN 3
1. Tujuan [KEMBALI]
a. Dapat merangkai aplikasi penggunaan arduino
b. Dapat mengaplikasikan dan menjelaskan penggunaan arduino untuk keypad
c. Dapat menjelaskan program yang di gunakan pada arduino
Kondisi:
LCD menampilkan angka 12345678 jika di tekan tombol pada keypad
2. Hardware [KEMBALI]
Alat :
a. arduino
b. jumper
c. USB
d. Breadboard
Bahan
a. LCD
b. Keypad
3. Rangkaian Simulasi [KEMBALI]
4. Flowchart [KEMBALI]
5. Listing Program [KEMBALI]
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#','D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11, 10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4); lcd.setCursor(1,2); lcd.setCursor(4,3); lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key=='#') //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
{
lcd.print("12345678"); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
6. Video Simulasi [KEMBALI]
7. Analisa [KEMBALI]
1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing masing kelompok
pertama masukkan llibrary yang ingin kita gunakan, setelah itu mendeklarasikan banyak baris dan kolom yang digunakan untuk keypad. Setelah itu mendeklarasikan pin atau angka yang akan ditampilkan pada keypad yang akan di hubungkan ke arduino.
kemudian mendeklarasikan pin arduino mana yang di gunakan untuk keypad, dan mana yang digunakan untuk lCD. kemudian membuat kunci # agar mampu menampilkan angka 1,2,3,4,5,6,7,8 pada LCD
2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0 - 3? berikan analisa!
jika dipindahkan ke pin 0 dan 3 maka bit data yang digunakan akan semakin besar, sehingga nantinya data yang dibaca akan berbeda.
3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter
Enable (E), berfungsi sebagai Enable Clock LCD, dengan logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data. Jika menggunakan 8 bit (semua pin dipakai/ disambungkan pada mikrokontroler) maka hanya membutuhkan 1 siklus enable, tetapi jika menggunakan 4 bit (hanya DB4-DB7 yang disambungkan) maka membutuhkan 2 suklis enable.
agara LCD mampu menampilkan karakter yang diinginkan pin pin lacd yang akan di hubungkan ke pin analog arduino dimulai dari pin LSB yaitu D7.
8. Link Download [KEMBALI]
a. HTML klik di sini
b. Video klik di sini
c. Rangkaian Simulasi klik di sini
d. Listing Program klik di sini
e. library klik di sini
f. Datasheet klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar